Pages

Subscribe:

Labels

Senin, 28 Februari 2011

Pidato Remaja

Assalamu alaikum Wr. Wb.

    Bapak/ibu guru beserta teman-teman yang saya hormati,pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kepada tuhan yang maha esa. Karena,berkat rahmat dan hidayahnyalah kita dapat berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat wal ‘afiat,amin-amin ya rabbal ‘alamin. Dan tak lepas dari itu,saya juga sampaikan banyak-banyak terima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang singkat ini yang bertemakan “Bahaya Narkoba bagi Perkembangan Remaja”.
    Teman-teman,mungkin kata narkoba sudah tidak asing lagi dalam benak kita. Banyak sekali slogan-slogan atau himbauan-himbauhan di sekeliling kita dan di media-media lainnya yang pada intinya adalah mengajak kita agar senantiasa terhindar dari narkoba. Teman-teman,sebenarnya kata narkoba itu berasal dari singkatan Nakotika,psikotropika dan bahan adiktif berbahaya lainnya. Dan apabila bahan/zat tersebut sudah masuk ke dalam tubuh kita,baik itu dengan cara diminum,dihirup ataupun disuntikkan,akan langsung memberikan efek yang luar biasa pada diri kita terutama pola pikir kita,emosional/perasaan kita dan bahkan tingkah laku kita. Berdasarkan efek yang ditimbulkannya,narkoba digolongkan menjadi 3 macam :

1. Narkoba Depresan
Narkoba jenis ini apabila sudah masuk kedalam tubuh si pemakai,dia akan langsung menekan system saraf pusat dan mengurangi aktivitas fungsional tubuh si pemakai. Sehingga bisa membuat si pemakai merasa tenang,bahkan hingga tak sadarkan diri. Dan apabila pemakaian melebihi dosis,bisa mengakibatkan kematian. Jenis narkoba depresan antara lain morphin,heroin dan yang sekarang popular adalah putaw.

2. Narkoba Stimulan
Berbeda dengan narkoba depresan yang bisa mengurangi aktivitas fungsional tubuh si pemakai,justru narkoba jenis stimulan ini malah merangsang aktivitas dan kegairahan tubuh si pemakai. Tetapi tentu kegairahan yang merujuk kepada hal yang maksiat. Jenis narkoba stimulan antara lain, kafein,kokain,shabu-shabu dan ekstasi.

3. Narkoba Halusinogen
Efek utama yang ditimbulkan dari narkoba jenis ini adalah mengubah daya presepsi dalam indra si pemakai yang mengakibatkan halusinasi yang berlebihan bagi si pemakai. Halusinogen kebanyakan berasal dari tanaman seperti mescaline dari kaktus dan psilocybin dari jamur-jamuran. Jenis narkoba halusinogen yang popular saat ini adalah marijuana atau ganja.
    Teman-teman,sebenarnya zat-zat/bahan narkoba ini sangat bermanfaat. Dalam dunia medis,bahan-bahan narkoba ini sering digunakan sebagai pengobatan dan penelitian. Tetapi,karena berbagai alasan tertentu,mulai dar keinginan untuk coba-coba,ikut trend/gaya,ingin melupakan persoalan dll,maka bahan-bahan narkoba ini sering disalah gunakan. Penggunaan secara terus-menerus bisa mengakibatkan ketergantungan/kecanduan. Jadi teman-teman,narkoba itu sangat amat berbahaya bagi kita,para remaja. Masa remaja itu,kan masa perkembangan dari masa anak-anak menuju ke masa dewasa. Dan apa yang kita lakukan/tentukan di masa remaja ini,sangat berpengaruh besar dengan jalan mana yang akan kita pilih di masa dewasa ataupun tua. Karena itulah bila di masa anak-anak dan remaja kita sudah rusak karena narkoba,maka suramlah masa depan kita. Pada masa remaja ini,keinginan untuk tahu dan keinginan untuk coba-coba kita sangatlah besar. Meskipun sebenarnya itu hal yang sangat positif,tetapi akan memungkinkan untuk menjadi negatif apabila kita tidak berhati-hati dalam melangkah. Data menunjukkan bahwa pengguna narkoba paling banyak adalah para remaja. Akankah kita berdiam diri menghadapi kenyataan tersebut? Tidak,kan? Oleh karena itu,mari kita jaga baik-baik diri kita,jangan sampai kita jatuh kedalam hal-hal yang merusak itu.
Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika ada kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Wassalamu alaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar